Sunday, May 28, 2017

7 Langkah Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Saat Puasa

Bulan puasa Tidak hanya kebersihan hati, wanita juga perlu menjaga kebersihan area kewanitaan.


Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat. Kesibukan di Bulan Suci ini memang sangat padat. Karena itu, wanita jangan sampai lalai untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.

Berikut ini 7 langkah tepat menjaga kebersihan area kewanitaan saat puasa:
  1. Pakai pakaian dalam yang longgar
    Pakailah pakaian dalam yang longgar dan mampu menyerap keringat agar sirkulasi udara di area kewanitaan terjaga dengan baik. Pilih yang berbahan katun dan hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat dalam waktu lama.

  2. Ganti pakaian dalam
    Segera ganti pakaian dalam yang basah atau Anda sedang banyak berkeringat, terutama setelah berolahraga atau beraktivitas fisik. Jika dibiarkan, pakaian dalam yang basah bisa menjadi sarang bakteri.

  3. Bersihkan area kewanitaan menggunakan sabun khusus dan air
    Selama bulan puasa, jam biologis tubuh mengalami sedikit perubahan. Puasa memengaruhi kondisi hormonal dan keasaman area kewanitaan.

    Karena itu, pilih sabun dengan tingkat keasaman (pH) yang sesuai: 3,8 sampai 4,5. Hindari penggunaan sabun mandi atau sabun cuci tangan untuk membersihkan area kewanitaan.

  4. Keringkan area kewanitaan
    Setelah buang air kecil atau buang air besar, segera bersihkan dan keringkan area kewanitaan dari arah depan ke belakang. Dengan demikian, bakteri dari anus tidak akan menyebar ke area kewanitaan.

  5. Ganti pantyliner secara teratur
    Kebersihan area kewanitaan bisa dijaga dengan pemakaian pantyliner yang mengandung antiseptik alami. Dalam penggunaannya, pastikan Anda mengganti pantyliner setiap 3 jam sekali atau sebelum beribadah.

  6. Bersihkan area kewanitaan setelah berhubungan seksual
    Langkah ini penting karena cairan tubuh seperti air mani dapat menyebabkan infeksi, iritasi, dan bau tak sedap bila tak segera dibersihkan.

  7. Terapkan pola hidup sehat
    Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi dengan seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Bila perlu, konsumsi yogurt dan jus cranberry karena diyakini dapat mencegah infeksi jamur.

    Anda juga perlu minum air putih dengan cukup untuk mencegah dehidrasi. Usahakan tetap lakukan olahraga ringan sekalipun sedang berpuasa.

    Jalani kehidupan dengan tenang dan hindari stres. Semua hal ini akan meningkatkan kekebalan tubuh supaya Anda terhindar dari berbagai penyakit.
Menjaga kebersihan area kewanitaan akan mempengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, Anda pun siap menjalani ibadah puasa dengan lancar.



sumber : klikdokter.com 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Langkah Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment