Friday, June 2, 2017

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Selama Berpuasa


“Berbukalah dengan yang manis...” Begitu kira-kira sekilas iklan komersial yang akrab di telinga kita. Bagaimana aturannya?
Ya, mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa memang dianjurkan. Kenapa? Karena setelah berpuasa seharian, kadar gula darah terus menurun.
Di sore hari, bahkan kadarnya makin anjlok.
Efeknya, metabolisme tubuh melambat lantaran energi tubuh yang berkurang. Kadar glukosa yang melorot ini terkadang membuat kepala terasa kleyengan dan badan lemas.
Itulah mengapa, kata Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc., MS., Sp.GK, spesialis gizi klinik dari FKUI, makanan atau minuman manis di kala berbuka dibutuhkan agar kadar glukosa kembali normal.
Alhasil, tubuh kembali berenergi sehingga Anda bisa melaksanakan aktivitas selanjutnya dengan optimal, baik itu salat tarawih dan sebagainya.
Namun bukan berarti karena disarankan mengonsumsi yang manis-manis, jadi tak ada aturan. Tetap ada syarat dan ketentuan berlaku yang harus diperhatikan, yaitu menu yang manis tapi tak mengandung banyak gula dan tetap menyehatkan.
Tak dipungkiri, umumnya menu berbuka yang dihidangkan adalah takjil seperti kolak dan lainnya yang notabene rasanya manis. Sehabis itu, dilanjut minum air kelapa yang juga ditambah gula. Plus, ada juga yang ditambah meneguk teh manis. Hmm...
“Sebenarnya mengonsumsi takjil saat berbuka boleh-boleh saja. Asalkan, tidak berlebihan. Bila terlalu banyak mengandung gula otomatis banyak kalori yang didapat. Apalagi bila tak diimbangi dengan aktivitas yang membakar kalori, jangan heran usai menjalani ibadah puasa sebulan penuh justru berat badan meningkat.”
Maka sebaiknya kala berbuka isi perut secara perlahan agar proses metabolisme dan pencernaan tetap baik. Sebaiknya makan utama dikonsumsi setelah menunaikan salat.
Perhatikan Zat Gizi
Hal penting lain, saat berbuka tidak hanya memerhatikan makanan manis, tapi juga pastikan tubuh mendapat semua kebutuhan zat gizi.
Artinya, makanan yang lengkap mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, sayur dan buah, serta minum mencukupi jumlah 1,5–2 liter per hari.
“Prinsipnya, puasa yang sehat itu kala makan berbuka 60% terdiri atas makanan manis 15%, makanan lengkap 30% dilakukan setelah salat magrib, makanan kecil 15% dan minum 5 gelas.”
sumber : 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Selama Berpuasa

0 comments:

Post a Comment